Jarigan 0G & 1G, 2G, 3G, 4G

Jaringan Seluler 0G dan 1G
Jaringan seluler diawali dengan generasi awalnya yaitu 0G atau Zero Generation yang masih menggunakan gelombang radio dan dapat menghubungkan ke jaringan telepon umum. Jaringan ini dipasarkan dengan beberapa nama seperti RCCs atau Radio Common Carriers, WCCs atau Wireline Common Carriers dan juga two-way radio dealers. Kemudian perkembangan jaringan seluler ini mulai ditingkatkan menjadi 1G atau generasi pertama berupa teknologi handphone pada tahun 80an.Teknologi komunikasi ini dikenal dengan nama FDMA atau frequensy Division Multiple Acces yang hanya dapat melayani komunikasi via suara. 

Jaringan Seluler 2G
Kemudian karena adanya kebutuhan dan tuntutan pasar akan kualitas jaringan seluler, hadirlah jaringan 2G yang merupakan Generasi kedua dari jaringan seluler 2G, 3G, dan 4G. Jaringan yang satu ini menggunakan teknik komunikasi berupa mekanisme TDMA atau Time Division Multiple Acces dan CDMA atau code Division Multiple Acces. Jaringan seluler 2G ini telah berkembang dari hanya komunikasi suara saja, menjadi komunikasi SMS, voice mail, call waiting dan juga transfer data dengan 9.600 bps untuk kecepatan maksimalnya. Lalu generasi kedua ini dikembangkan kembali hingga muncullah 2.5G atau Generasi Dua Setengah yang telah menggunakan GSM dan diimplementasikan dalam jaringan GPRS atau general Packet Radio Services.

Jaringan Seluler 3G
Selanjutnya dengan perkembangan teknologi yang ada, hadirlah jaringan seluler 3G yang merupakan generasi ketiga dari sejarah jaringan seluler. 3G atau Third Generation ini tentunya memberikan pelayanan yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya karena memiliki kemampuan transfer data dengan kecepatan yang mencapai 2 Mbps. Untuk itu, jaringan seluler yang satu ini sudah bisa digunakan dalam data broadband seperti halnya internet, music on demand, video on demand, games on demand dan lain sebagainya yang dengan mudahnya dapat kita pilih sendiri. Selain itu, teknologi 3G juga telah memiliki kualitas suara yang lebih bagus serta keamanan yang lebih terjamin. Kemudian teknologi 3G juga dikembangkan kembali menjadi teknologi 3.5G dengan layanan yang lebih tinggi seperti akses ke internet dan juga video sharing.

Jaringan Seluler 4G
Dan terakhir salah satu jaringan seluler 2G, 3G, dan 4G yang terbaru adalah 4G atau Generasi keempat. Generasi ini sebenarnya masih dalam tahap uji coba yang kemungkinan mengadaptasi teknologi MIMO yang memiliki kecepatan transfer data hingga 59,52 Mb. 


Sumber : http://tekno-hp.blogspot.co.id/2016/03/menilik-perkembangan-jaringan-seluler.html

Comments

Popular posts from this blog

Penggunaan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar

Kepemimpinan

Algoritma Greedy